Mudahnya Absensi Siswa

Kegiatan guru sebelum melaksanakan pembelajaran diawali dengan berbagai kegiatan terlebih dahulu. Kegiatan tersebut hampir selalu diulang setiap hari. Salah satu kegiatan tersebut adalah mengabsen.
Mengabsen siswa merupakan rutinitas yang dilakukan untuk mengecek kehadiran siswa pada hari tersebut. Kebiasaan yang dilakukan selama ini adalah, jika anak ada maka diberi tanda titik pada kolom anak dan tanggal tersebut, tetapi jika tidak berangkat diberi tanda S, A atau I. Tanda S jika anak tersebut Sakit, A untuk anak tanpa keterangan dan I untuk anak dengan keterangan ijin. Dari kegiatan tersebut, guru sering menulis tanda titik nya, dibanding menulis keterangan S, A, ataupun I. Hal ini disebabkan siswa yang hadir di kelas tentu lebih banyak dibanding yang tidak hadir.

Buku Absensi Bulanan yang diberikan dinas kabupaten, masih kosong, hanya ada tanggal tiap bulannya. Buku absensi bulanan yang hampir sama dengan dinas juga pernah saya upload. yang lebih praktis. Buka kembali Tahun Ajaran Baru, Administrasi Baru.
Buku absensi yang lebih memudahkan guru saya coba buat. Absensi ini perpaduan dua file, yaitu file absensi dan file kaldik (terima kasih atas berbagi file nya). Tampilannya sebagai berikut:

Keunggulan file ini antara lain:

1. Hari Ahad, secara otomatis tergaris ke bawah sesuai kolom tanggalnya, jika TAHUN PELAJARAN sudah diganti di sheet Dt Ut.
2. Guru tidak repot menulis tanda TITIK. Guru cukup mengisi data siswa pada sheet Dt Ut, maka pada kolom hari efektif sudah muncul tanda titik. Jika siswa tidak masuk, baik karena sakit, ijin ataupun alasan, guru tinggal menimpa tanda titik dengan huruf S, A maupun I.
3. Guru tidak memberi tanda pada hari libur Nasional. Hal ini berkau jika, sheet Dt Tgl sudah disesuaikan dengan libur Nasional maupun ujian. Untuk ujian diisi bagi kelas I-V SD saja. karena siswa kelas VI tetap masuk.

Sebelum cetak, silahkan baca panduannya di sheet Dt Ut.

Penasaran ??? Download saja di SINI.

Semoga bermanfaat. Jika ada error atau masukan untuk perbaikan, silahkan masukkan komentar..

5 komentar untuk "Mudahnya Absensi Siswa"