Syarat dan Ketentuan PLPG di Universitas Sanata Dharma

syarat dan ketentuan plpg


A.     Peserta PLPG
a.    Peserta  PLPG  adalah  guru  yang  bertugas  sebagai  guru  kelas,  guru  mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah, serta guru yang  diangkat  dalam  jabatan  pengawas  satuan  pendidikan yang memilih:  (1) sertifikasi pola PLPG, (2) pola  portofolio  tetapi tidak  lulus  tes  awal atau  tidak lulus penilaian portofolio, atau  tidak lulus verifikasi berkas portofolio, dan (3) PSPL tetapi berstatus tidak memenuhi persyaratan.
b.   Peserta dalam keadaan sehat jasmani (dibuktikan dengan surat keterangan dokter) dan sehat rohani.
c.    Peserta wanita yang hamil harus ada surat izin dari suami. Apabila usia kehamilan lebih dari 7 bulan atau lebih, peserta juga harus membawa surat keterangan dokter yang menyatakan kondisi kehamilannya.
d.   Peserta yang tidak memenuhi panggilan PLPG tanpa memberikan alasan yang kuat dan surat izin dari dinas pendidikan  akan dinyatakan tidak lulus.
e.    Peserta yang kehadirannya kurang dari 80% dinyatakan gugur, dan harus mengikuti PLPG ulang secara utuh dengan biaya sendiri.
f.     Peserta wajib mengikuti acara pembukaan. Bagi peserta yang tidak mengikutinya, panitia berhak menggantikannya dengan peserta cadangan.

Catatan:
1.     Guru berkualifikasi S-1/D-IV; atau belum S-1/D-IV tetapi sudah berusia minimal 50 tahun dan memiliki masa kerja minimal 20 tahun, atau sudah mencapai golongan IV/a; dapat memilih pola PF[1] atau PLPG sesuai dengan kesiapannya melalui mekanisme pada SIM NUPTK. (buku 2 hal 7)
2. Peserta luncuran atau peserta PLPG tahun sebelumnya yang karena sesuatu hal, misal sakit, mengundurkan diri, atau tidak lulus, dapat menjadi peseerta PLPG dengan surat keterangan dari Dinas setempat.

B.     Perlengkapan Peserta
Kelengkapan-kelengkapan yang perlu dibawa peserta, antara lain:
1.   Perlengkapan Akademis
a.       Peserta wajib membawa literatur yang relevan dengan bidangnya. Literatur mencakup:
1)     Buku sumber atau referensi
a)      Buku atau sumber lain untuk menyusun proposal PTK, seperti: metode penelitian PTK dan sumber-sumber tentang teori/metode/strategi pembelajaran minimum dari dua penerbit yang berbeda.
b)      Buku atau sumber lain untuk menyusun perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Media, LKS, dan Evaluasi)
c)       Buku referensi untuk penyusunan RPP yang wajib dibawa peserta:
(1)         Guru kelas  (SD) mencakup keseluruhan mapel (Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKn, dan Tematik) untuk keseluruhan jenjang kelas SD  (kelas 1 s.d. 6). Buku referensi minimum 2 dari penerbit yang berbeda.
(2)         Guru mata pelajaran wajib membawa  buku referensi untuk penyusunan RPP mapel untuk keseluruhan jenjang kelas di sekolah (kelas 1 s.d. 3)  dimana mapel tersebut diajarkan. Buku referensi minimum  2 dari penerbit yang berbeda.
(3)         Guru BK wajib membawa buku referensi yang berkaitan dengan BK, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor, program penyelenggaraan bimbingan dan konseling, contoh laporan pelaksanaan bimbingan dan konseling, contoh instrumen asesmen, dan contoh media serta pendukung penyelenggaraan layanan BK.
2)         Peserta diperkenankan membawa laptop dan printer sejauh memungkinkan dan memperlancar pelaksanaan PLPG. Jika membawa kedua alat tersebut, peserta diwajibkan membawa konektor listrik (rol kabel) dan kertas HVS ukuran A4 secukupnya untuk mencetak proposal atau perangkat pembelajaran.
3)         Media pembelajaran
4)         Kurikulum, silabus, dan RPP
5)         Kertas kerja (folio bergaris) dan alat tulis selama PLPG disediakan sendiri oleh peserta.

  1. Perlengkapan Umum:
a.       Pakaian secukupnya (pakaian batik, hitam-putih, dinas, dan pakaian di luar kegiatan kedinasan)
b.      Obat-obatan bersifat pribadi diharapkan dibawa sendiri oleh peserta.

1 komentar untuk "Syarat dan Ketentuan PLPG di Universitas Sanata Dharma "

  1. cobalah kerja yang mudah di akses peserta sepertinya kok sulit amat untuk mendapatkan informasi lewat internet

    BalasHapus